Mencari nafkah adalah bagian dari Perintah Tuhan. Manakala berbisnis dalam rangka melaksanakan perintah tersebut, maka bisnis bukan lagi sekedar menghasilkan uang, namun lebih dari itu, ketenteraman hati pun akan otomatis mengiringinya. Bisnis adalah salah satu medan penghambaan kita kepada Tuhan. Sedangkan laba atau rugi hanyalah sebuah konsekuensi logis sebagai akibat yang mengikutinya. Dengan demikian, sepanjang tujuan niat dan caranya benar, maka tidak ada kata gagal dalam bisnis kita. Ruginya baik, apalagi labanya.

APAKAH HAKIKAT INSAN ITU?

Kontributor Topik:
Mbak Ati, Bekasi, 30 Juli 2009.
Penyiar: John Denim.

Apakah hakikat insan itu?




Saya tidak menjawab koridor hakikat, tetapi hanya sekedar yang saya fahami dan saya yakini hingga saat ini. Kata "insan" berasal dari bahasa Arab, ada banyak persamaan dari kata "insan" dalam bahasa Arab tetapi masing-masingnya mempunyai ciri dan rasanya masing-masing. Beberapa diantara sinonimnya adalah yang pertama "al-insan" itu berbeda dengan "insan" kerana disana ada awalan "al" yang disebut sebagai "lam ta'rif". Kemudian ada "nas", ada "an-nas" dan ada pula "unas". Dari sekian banyak sinonim kata "insan" yang ada dalam bahasa Arab jika diartikan ke bahasa Indonesia hanya berarti satu kata saja, yaitu "manusia". Apakah itu manusia? Manusia adalah salah satu makhluk ciptaan Tuhan. Semua makhluk Tuhan mempunya ciri umum dan ciri khusus, begitu pun manusia. Ciri umum manusia adalah berjasmani dan berohani, mempunyai unsur bendawi dan ghoibah. Sedangkan ciri khusus manusia adalah bisa berfikir dan bisa bernurani. Binatang tidak bisa berfikir dalam batas-batas yang disebut berfikir, binatang dimungkinkan bisa berfikir namun dalam batasan yang sangat rendah, tetapi yang mampu berfikir dalam definisi khusus hanyalah manusia dan itu merupakan ciri khusus dari manusia. Ciri khusus kedua adalah bernurani.

Andai diantara teman-teman ada yang hendak sharing, mengkritisi atau mempertanyakan, silahkan call langsung ke 0817449295 (proXL) pada jam 10-12 WIB siang/malam. Mohon dimaafi, Email dan SMS kami nonaktifkan, karena tidak mampu melayani. (salam kami: siwo salatiga).
Bagi yang berkenan untuk SHARE ke FB, Tweeter, dll, dipersilahkan. Semoga berkah.