Mencari nafkah adalah bagian dari Perintah Tuhan. Manakala berbisnis dalam rangka melaksanakan perintah tersebut, maka bisnis bukan lagi sekedar menghasilkan uang, namun lebih dari itu, ketenteraman hati pun akan otomatis mengiringinya. Bisnis adalah salah satu medan penghambaan kita kepada Tuhan. Sedangkan laba atau rugi hanyalah sebuah konsekuensi logis sebagai akibat yang mengikutinya. Dengan demikian, sepanjang tujuan niat dan caranya benar, maka tidak ada kata gagal dalam bisnis kita. Ruginya baik, apalagi labanya.

APAKAH SHOLAT & BAGAIMANA AGAR KHUSYU'?

Kontributor Topik:
Mas Anto, Cibubur., 07 Mei 2009.
Penyiar: Dave Ameral.

Apakah sholat itu? Apa itu khusu'? Dan bagaimana caranya agar bisa khusu' dalam sholat kita?




Kalau jawabannya dengan definisi fiqih sholat itu adalah salah satu ibadah yang diawali dengan takbir dan diakhiri dengan salam dengan syarat dan rukun tertentunya. Kalau ditinjau dari perspektif fungsi dia adalah tanha 'anil fakhsya'i walmunkar, dia adalah imunisasi spiritual agar bisa mensucikan kita dari firus-firus spiritual. Apakah yang disebut khusu'? Khusu' dalam ukuran yang paling rendah adalah kehadiran hati terhadap apa yang kita lakukan didalam sholat, itu disebut sebagai khudurul qalb, hadirnya hati. Jadi kita sholat bukan hanya membaca lafal-lafal dengan menggerak-gerakkan badan. Bagaimana agar kita bisa khusu' didalam sholat? Caranya adalah serius melaksanakan apa yang kita pahami dengan sholat sesuai kefahamannya masing-masing. Itu kita akan mendapatkan kekhusu'an sesuai dengan tingkat dan kapasitas kita masing-masing. Tingkat yang paling tinggi nanti sampai disebut bahwa sholat itu mi'rojul mukminin.

Andai diantara teman-teman ada yang hendak sharing, mengkritisi atau mempertanyakan, silahkan call langsung ke 0817449295 (proXL) pada jam 10-12 WIB siang/malam. Mohon dimaafi, Email dan SMS kami nonaktifkan, karena tidak mampu melayani. (salam kami: siwo salatiga).
Bagi yang berkenan untuk SHARE ke FB, Tweeter, dll, dipersilahkan. Semoga berkah.