Mencari nafkah adalah bagian dari Perintah Tuhan. Manakala berbisnis dalam rangka melaksanakan perintah tersebut, maka bisnis bukan lagi sekedar menghasilkan uang, namun lebih dari itu, ketenteraman hati pun akan otomatis mengiringinya. Bisnis adalah salah satu medan penghambaan kita kepada Tuhan. Sedangkan laba atau rugi hanyalah sebuah konsekuensi logis sebagai akibat yang mengikutinya. Dengan demikian, sepanjang tujuan niat dan caranya benar, maka tidak ada kata gagal dalam bisnis kita. Ruginya baik, apalagi labanya.

MAKNAWIAH DARI SIFAT DUAPULUH?

Kontributor Topik:
Mas Marno, Kodamar, 16 Juli 2009.
Penyiar: Dave Ameral.

Tolong sharingnya makna dari nafsiah, salbiah, ma'ani, maknawiah dari sifat dua puluh.




Sifat dua puluh itu sebuah formula yang dibuat oleh seorang ulama sehingga disebut dengan sifat dua puluh. Ada sifat yang disebut dengan sifat wajib dan ada sifat mustahil, kemudian ada satu ditengahnya yang bernama sifat jaiz. Penamaan difat tersebut sering dinisbahkan kepada Abu Hasan al-Asy'ari sehingga sering disebut sebagai konsep Asy'ariah. Sifat dua puluh bukan berarti membatasi bahwa sifat Alloh itu hanya dua puluh tetapi hanya pengelompokan beberapa sifat yang mirip agar mempermudah seseorang dalam mempejari sifat-sifat Alloh. Kemudian dikaitkan dengan istilah salbiah. Salbiah itu jika diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia yang populeh yaitu menolak, jadi maknanya adalah sifat-sifat Alloh yang tertolak, jika dipadankan dengan istilah sifat yang dua puluh maka sama dengan sifat-sifat mustahil Alloh. Salbiah ini adalah sebuah istilah yang digunakan oleh komuntas lain dalam mengelompokan sifat-sifat mustahil Alloh. Untuk istilah ma'ani dan ma'nawiyah, itu mempunyai koridor yang berbeda jika diakaitkan dengan sifat-sifat Alloh.

Andai diantara teman-teman ada yang hendak sharing, mengkritisi atau mempertanyakan, silahkan call langsung ke 0817449295 (proXL) pada jam 10-12 WIB siang/malam. Mohon dimaafi, Email dan SMS kami nonaktifkan, karena tidak mampu melayani. (salam kami: siwo salatiga).
Bagi yang berkenan untuk SHARE ke FB, Tweeter, dll, dipersilahkan. Semoga berkah.